/* Footnote CSS Code */ .footnote{ border-top:1px dashed #333; padding:0 0 10px 0; margin:10px 0 0 0; font-size:smaller; }

Senin, 13 Februari 2023

Pengalaman Tahun Baru 2022 - 2023 di Kota Malang

Jakarta, PJJKomunikasiUNSIA - Tahun 2023 baru saja kita mulai jalani, masih dalam hitungan hari tahun 2022 berlalu dimana hampir sebagian besar dari masyarakat di berbagai tempat baik di Indonesia maupun di negara-negara lain larut dalam suka cita menyambut pergantian tahun ini yang lebih semarak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena saat itu segala kegiatan masih terbatasi dengan kondisi pandemi yang ada.

 

Beragam kebiasaan kegiatan yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat dalam menyambut malam pergantian tahun, ada yang menghabiskan waktu dengan berkumpul di tengah kota sambil menikmati berbagai hiburan hingga pesta kembang api yang disajikan, ada yang berkumpul bersama teman, sahabat tetangga, hingga keluarga kemudian berdoa bersama dan dilanjutkan dengan makan-makan bersama, ada yang pergi berlibur membuang kepenatan setelah bekerja setiap harinya, serta berbagai kebiasaan lainnya.

Seperti sebagian besar Kota di Indonesia, pergantian tahun baru di Kota Malang kali ini juga sudah jauh lebih longgar dari segala peraturan pembatasan COVID-19, tentunya hal ini menjadi daya tarik sendiri bagi orang-orang macam Faid yang berada jauh dari rumah dan ingin menghabiskan malam pergantian tahun dengan suasana yang penuh suka cita walau berada terpisah jauh dari keluarga, seperti pria yang bernama Faid, seorang konsultan yang berasal dari Banda Aceh yang ditemui oleh reporter sedang asik menikmati acara malam pergantian tahun. "Saya karena penugasan dari kantor sehingga harus tetap berada di Kota Malang, dan untuk mencari hiburan pergantian tahun Saya memilih mendatangi Kampung Kayu Tangan ini karena dekat dengan tempat menginap Saya" jelasnya.

Menurut Faid berada di kayu Tangan saat malam itu seperti berada di Malioboro Yogya, fasilitas umum yang dibangun di sepanjang jalan Basuki Rahmat, kota Malang ini mampu menarik perhatian wisatawan dan menjadi ikon baru yang memberikan pengalaman baru di Kota Malang.

Rencana kesemarakan acara malam tahun baru di Kota Malang sudah terinfokan jauh hari melalui berbagai media massa lokal maupun online, bahkan di kalangan masyarakat telah menjadi pembahasan yang menarik tentang rencana pelaksanaan agenda-agenda kegiatan rutin yang akan dilakukan. Empat lokasi di Kota Malang menjadi langganan bagi warga masyarakat untuk bisa menikmati kembang api di pergantian malam tahun baru, yaitu :


Gambar suasana kayu tangan jelang malam pergantian tahun 2022


  1. Kayutangan Heritage, disini sebelum pandemic COVID-19 melanda, setiap tahunnya selalu menjadi tempat banyak orang berkumpul, dari mulai sekedar duduk-duduk di kursi yang ada di sepanjang pinggir jalan maupun taman, hingga masyarakat berburu kuliner umum hingga legendaris.
  2. Jalan Ijen, menjadi tempat pilihan utama bagi warga berkumpul menyambut malam pergantian tahun baru, dengan duduk-duduk di bangku taman yang ada di sepanjang jalan Ijen.
  3. Bundaran Balai Kota Malang, merupakan salah satu tempat sentra yang penuh dengan kesemarakan kembang api saat malam pergantian tahun baru. Warga kota malang maupun wisatawan domestik kerap juga berkumpul di area ini hanya untuk menikmati detik-detik pergantian tahun.
  4. Alun-alun Kota Malang, karena letaknya tepat di pusat Kota Malang maka juga selalu menjadi pilihan masyarakat untuk menikmati pesat kembang api yang kerap hadir dan meriah saat malam tahun baru.
Secara umum kondisi pergantian malam tahun baru di Kota Malang berjalan dengan baik, walau sore hari sempat diguyur hujan, namun tidak mengurangi kegembiraan masyarakat dalam merayakan di berbagai lokasi di Kota Malang.

 

Sabtu, 31 Desember 2022, Malang, 22:35 WIB

Oleh : Adi Waluyo | KM-301 | 200501010084


Tidak ada komentar:

Posting Komentar