/* Footnote CSS Code */ .footnote{ border-top:1px dashed #333; padding:0 0 10px 0; margin:10px 0 0 0; font-size:smaller; }

Senin, 13 Februari 2023

Mengintip Lokasi Pengolahan Sampah di Pemukiman Jakarta.

Jakarta, PJJKomunikasiUNSIA - Permasalahan sampah di Kawasan pemukiman penduduk adalah pengelolaan sampah yang dihasilkan masyarakat begitu tinggi sementara jumlah tempat pembuangan sampah kurang memadai, sehingga tak jarang hingga kini masih saja ditemukan ceceran sampah di lokasi-lokasi pemukiman yang akhirnya menjadi sumber polusi dan pencemaran tanah, air, dan udara yang mengundang bau tidak enak, hingga menjadi sumber dan tempat hidup kuman-kuman yang membahayakan kesehatan. 



Gambar tempat lokasi pembuangan sampah sementara Kampung Kandang, Jagakarsa


Saat ini di wilayah Jabodetabek ada 4 Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang digunakan untuk menampung sampah dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Jakarta sebagai Ibukota punya permasalahan terhadap keterbatasan lahan untuk yang dapat difungsikan sebagai lokasi tempat pembuangan sampah (TPS). Belum lagi terjadinya penolakan masyarakat bila sebuah lokasi di pemukimannya akan dibangun tempat pembuangan sampah. Oleh karenanya untuk menangani permasalahan sampah secara menyeluruh perlu dilakukan alternatif-alternatif pengelolaan, minimalisasi sampah harus dijadikan prioritas utama. Sampah yang dibuang dari perumahan harus dipilah, sehingga tiap bagian dapat dikomposkan atau didaur-ulang secara optimal, daripada dibuang ke sistem pembuangan limbah yang tercampur seperti kondisi tempat pembuangan sampah pada umumnya yang ada saat ini.

 

Seperti halnya di Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, di Kecamatan yang berpenduduk menurut data BPS adalah sebanyak 383,400 pada tahun 2021 saat ini dari data.jakarta.go.id diperoleh informasi bahwa terdapat 17 Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang tersebar di 6 kelurahan. Jenis TPS di Kecamatan Jagakarsa ini berbentuk pool gerobak, pool container, lintas, dipo, hingga TPS 3R dengan luasan lahan dari  20m2 hingga yang terbesar ada di TPS Kampung kandang 500m2.

 

Hasil kunjungan tim reporter PJJKomunikasiUNSIA ke lokasi TPS Kampung Kandang pada hari Sabtu 29 Januari 2023 tidak dapat menemukan salah satu pengelola TPS, dan di lokasi tidak terlihat aktivitas pengelolaan maupun pengolahan sampah, karena seperti informasi yang terpampang pada banner di depan TPS bahwa jadwal operasional berlangsung setiap hari Minggu hingga Jumat pada pk.05:00 - 16:00 WIB, hanya aktivitas gerobak-gerobak motor yang masih tetap berdatangan mengantarkan sampah dari sejumlah RW yang dekat dengan kawasan TPS ini. Kendaraan ini parkir terjejer rapih di area TPS untuk kemudian akan dipilah dan diangkut ke truck-truck besar pengangkut sampah yang akan membawanya ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) di Bantar Gebang.

 

Salah satu warga, Marsudi warga RT 03/ 04, Kel. Jagakarsa kepada tim PJJKomunikasiUNSIA mengatakan, bahwa kondisi TPS saat ini sudah jauh lebih baik penataan dan pengelolaannya, walau dikatakan bahwa bau tak sedap kadang masih ada, namun sudah tidak seperti yang sebelum-sebelumnya. Dia juga menjelaskan bahwa TPS ini bersifat sementara karena berdiri di area pemakaman TPU Kampung Kandang. "Ini tempat sementara, sampah dari warga di seluruh RW Jagakarsa dianter kemari, disini kemudian dipilah, mana yang plastik mana yang bukan plastic, lalu diangkut pake truck besar ke Bantar Gebang. Begitu aja setiap hari," katanya.



Gambar keterangan lokasi pembuangan sampah sementara Kampung Kandang, Jagakarsa terpampang di depan lokasi


Sementara Khusaeri warga yang juga ditemui tim PJJKomunikaUNSIA menambahkan ikut membenarkan bahwa kini penataan TPS Kampung Kandang sudah jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Dulu banyak bangunan liar berdiri dekat-dekat TPS ini, entah dari mana orangnya tau-tau ada. Trus ditertibkan sama Pemda. Kini seperti yang bisa dilihat, udah gak ada bangunan liar, paling tinggal perumahan warga aja” jelasnya.

 

Sabtu, 28 Januari 2023, Jagakarsa, 16:18 WIB

Oleh : Adi Waluyo | KM-301 | 200501010084












Tidak ada komentar:

Posting Komentar